Category Archives: Ramadhan

Lebaran H1 – H7

MINAL AIDZIN WAL FA IDZIN, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN YA

Baru sempat ngeblog lagi dan mengucapkan itu (tunjuk-tunjuk diatas), semoga tidak pernah ada kata telat ya :)

Mau cerita banyak ……

Rencana berlebaran ke Bengkulu juga gagal. Tadinya kan aku dan Mamah mau ikut mudik sama sepupu ke Bengkulu karena orangtuanya (adik Mamah) kebetulan memang tinggal disana, tapi tahun ini belum bisa karena anaknya masih terlalu kecil (10 bulan) untuk dibawa mudik berhari-hari. Sebagai gantinya, sepupuku beserta anak istrinya mau main ke Bandung.

Sehari sebelum Hari Raya Idul Fitri (Minggu, 28/7/2014) aku malah kedatangan tamu “si merah”. Aduuhh rasanya sayang banget, tapi mau gimana lagi sih ya namanya juga perempuan dan siklusnya memang udah ketauan. Total “red day” selama bulan Ramadhan ini adalah 10 hari, sudah termasuk “red day” di awal puasa 8 hari dan sakit 1 hari. Alhamdulillah baru 3 hari puasa qodho, hihihihi.

Hari Raya Idul Fitri dan seperti biasa selalu berdua sama Mamah. Dinikmatin aja lah ya karena biasanya juga begitu. Hari pertama ke rumah Mbah di daerah Antapani (Bandung), ketemu sedulur dan tentunya foto-foto. Oia Mbah Harjo ini dari pihak mbah kakungku, suaminya Mbah Harjo ini adiknya mbah kakungku. Keluarga besar mbah kakungku berasal dari Majenang – Jawa Tengah. Hubungan kami cukup dekat karena kebetulan sama-sama tinggal di Bandung. Jam 4 sore sudah sampai rumah dan tidur, hahahaha.

C360_2014-07-28-17-15-09-336

Hari kedua, sudah sampai di rumah Mbah Sar di daerah Cikutra – Bandung (adiknya Mbah Putriku yang dari Temanggung) dan ternyata kosong plus lampu depan nyala. Ternyata mereka semua lagi pergi ke Bogor. Karena bingung mau kemana lagi, muter-muter Bandung aja yang sepi dan jalanan kosong. Terakhir malah mampir ke Griya Yogya Buah Batu buat beli sayur dan buah plus makan Bakso Ceker. Sampai rumah jam 2 siang, tidur lagi.

Hari ketiga, rombongan keluarga Mbah Harjo (anak cucu) yang ternyata kuhitung ada 20-an orang silaturahmi ke rumah. Kebayanglah rumah mini gini diserbu banyak pasukan, tapi ya hepi banget. Lha wong biasanya cuma berdua. Malamnya, aku, para sepupu dan Tante pergi jalan-jalan ke Paris Van Java (PVJ). Macet bok, mosok dari ITB ke perempatan Cihampelas hampir setengah jam, padahal hari-hari biasa gak sampe 5 menit. Kirain udah sampai situ aja macetnya, eh dilanjut dari pertigaan Tomodachi ke PVJ juga macet parah hampir setengah jam. Finally sampe sana udah jam 8 malem dan rata-rata tempat makan penuh. Berniat mau makan sushi ehhh si nasinya (bahan utamanya) belum matang dan nunggu 40 menit lagi. Walhasil udah laper dan malas nunggu, kita capcus cari tempat lain. Ujung-ujungnya kita malah makan di “Burger King”, wkwkwkwkkw jauh pisan cyint dari sushi ke burger. Tapi karena hasrat menggebu, Tanteku kebawah dan pesen sushi untuk kita berdelapan para ponakannya. Jadilah makan burger dilanjut sushi. Hahahhhaha, tetep seru.

1406763355019

Hari keempat, kita semua diajakin nonton bioskop di BIP sama Tante salah satu anaknya Mbah Harjo. Total yang ikutan nonton 14 orang, gileeeee tuh karcis panjang bener. Mulai dari si Mbah sampai cucu-cucu ikutan semua. Kita ber-13 nonton “Dawn of The Planet of Apes” kecuali Mbah dan Tanteku yang nonton “Bajaj Bajuri”, kebayang kalo Mbah ikutan nonton itu pasti nggak ngerti dan cuma liat adegan kera bicara dan perang, xixixixi. Selesai nonton, kita makan di Baso Malang Karapitan (BMK). Seneng deh punya moment bareng gini, jarang-jarang ngumpul.

1406816595401

Hari kelima, ada sepupuku (suami istri) dari Jakarta yang nginep di rumah. Kebetulan juga, datang salah satu sahabat kita dan jadi bikin rame.

1406979007196

1407021773636

Hari keenam, mendatangi lagi rumah Mbah Sar di Cikutra dan alhamdulillah sudah ada.

Hari ketujuh, kita beres-beres rumah dan nyantai. Eeh siangnya dapat telpon kalau sepupu yang batal mudik ke Bengkulu mau berangkat ke Bandung. Sepupuku ini tinggal dan kerja di Temanggung (Jawa Tengah), mereka berangkat jam 1 siang dari sana dan kalau lancar tengah malam baru sampai Bandung. Eeh berhubung masih padat dengan arus balik, sepupuku kena macet yang lumayan parah di Gentong dan Nagrek. Jam 03.30 pagi baru sampai Bandung. Tapi si duo bocil, Aldo dan Vino malah semangat main karena tidur terus di mobil. Padahal Emak Bapaknya udah gak kuat melek. Jam 8 pagi akhirnya pada tumbang juga tertidur pulas. Met istirahat ya ponakanku sayang ….

IMG_20140805_061658

Bersambung …….

Hafidz Quran

Sudah beberapa hari ini nonton acara “Hafidz Quran” di Trans7. Hebat-hebat ya anak kecil seumur gitu udah pada hapal jus 30. Lebih tepatnya malu sama diri sendiri, udah segede ini tiap shalat bacaannya surat pendek itu-itu aja *adooh*.

Mereka tuh masih pada bocah, ngomongnya aja kadang belum lancar. Subhanallah deh ya *kagum*.

Takjub sama salah satu pesertanya “Nawala” yang bapak dan anak tuna netra. Tapi bedanya, Nawala masih bisa melihat walaupun kurang jelas. Sang Bapak belajar Al-Quran dengan Quran Braille, sementara si Nawala katanya dulu suka dengerin vcd surat-surat pendek dan lama-lama hapal dengan sendirinya, padahal usianya masih 5 tahun. Nggak kebayang gimana caranya bacaan indah Al-Quran itu memasuki alam pikirannya, keliatannya sih nggak fokus yah namanya juga ana-anak tapi pas ditanya sama juri pada lancar dan hapal *ckckckck*.

Ada satu lagi nih peserta cewek, aduh aku lupa namanya. Si anak ini kalau pas baca surat, sambil dipraktekkan dengan gerakan. Ya artinya, doi paham sama isi surat itu. Jadi ternyata, ibunya yang guru TK mengajarkan anaknya menghapal surat melalui gerakan juga, tujuannya supaya si anak cepat paham dan lebih dimengerti. Ternyata memang berhasil, anak-anak cepat menyerap hapalan surat.

Generasi Qur’an kayak gini nih yang insyaallah jadi penerus bangsa kita. Bisa menyeimbangkan antara dunia dan akhirat juga. Duuh senengnya :)

 

Tembolok

Baru aja puasa 2 hari, eeh ndilalah tamu yang diundang datang (dibaca : red day). Memang sih sudah diitung juga kalau tanggal-tanggal segitu, dan alamat nanti nggak bisa shalat Ied. Tapi ya udahlah mau gimana lagi ……

Eeh berbarengan sama si red day itu, aku juga mengalami keluhan dan mengharuskan ke dokter. Tenggorokanku nggak enak banget, berasa ada temboloknya gitu. Jadi setiap habis makan suka mual dan berujung hoeeks plus kalau tiduran itu jadi sesak nafas. Feeling sih amandelku membesar, tapi eh kata dokter sih gpp dan cuma disuruh banyak minum air putih aja. Dikasih obat anti radang dan antibiotik untuk 3 hari.

Hari berikutnya aku malah demam parah, bedrest di tempat tidur. Mual dan mulut pait. Tembolok di leher makin terasa dan kalau di raba langsung mual.

Setelah si obat habis dan nggak ada reaksi penyembuhan, kemarin (Jumat,04/07) silaturahmi ke dokter THT di RS Al-Islam. Di cek sana-sini katanya sih gpp *again*. Amandelku baik-baik saja tapi curiga ada hubungannya sama maag. Soalnya tiap makan pasti mual dan jackpot. Dikasih 5 jenis obat, mulai dari anti radang sampai obat kumur (agak bingung juga, tuh obat kumur untuk apa ya).

Sampai hari ini pun, mualnya masih dan tadi malam sempet dua kali hoeks. Jadi males mau makan tapi mulut pait dan perut laper. Duuhhh leherku kayak ada temboloknya.

Semoga besok-besok temboloknya hilang dan nggak mual lagi ah.

 

^^Tembolok : Berada pada sistem pencernaan unggas, terletak di antara kerongkongan dan mulut. Fungsinya untuk menyimpan makanan sementara setelah dikunyah. 

From Postcard to Minions

Sedih ……

Tadi malam pas shalat taraweh terakhir di Ramadhan 1434 Hijriah, mata ini berkaca-kaca. Rasanya berat banget ninggalin bulan Ramadhan. Kok ya cepet banget berakhirnya. Insyaallah hari ini udah shaum terakhir juga. Semoga amal ibadah kita selama ini diterima oleh Allah SWT ya, Aamiin.

Insyaallah nanti malam takbir dan besok shalat Ied. Selalu ada keharuan saat takbir dikumandangkan. Berasa ada yang hilang aja terus pergi, nggak tau apakah tahun depan masih bisa merasakan Ramadhan lagi.

Beberapa hari kemarin, postcard dari Mbak TinSyam di Jakarta nyampe. Makasih ya Mbak, apalagi gambarnya juga unik karena hasil kreasi dari Mbak Rana plus konco-konco. Makasih juga Mbak Rana :)

Postcard From Jkt

Postcard from Mbak TinSyam JKT

 

Naaah, sebelum lapak flanelku tutup untuk sementara, ada orderan dari seorang kawan. Awalnya sih iseng bikin minions seperti di tutorialnya Mbak Linda Sari, trus dipajang di profil BBM……eh alhamdulillah doi suka dan pengen 1 lusin. Ya udah kubuatin aja dan mungkin hari ini si minions mau diambil sama yang order. Semoga suka yaaaa ^___^ Ntar besok-besok bikin yang versi besarnya ahhh.

DSCN3719_1

My Minions Felt : 8 cm

 

Oia, mau ngucapin “Selamat Idul Fitri” juga. Maafin segala kesalahanku ya, baik yang disengaja maupun yang enggak. Selamat mudik dan kumpul-kumpul sama keluarga besar. Saya mah mungkin di Bandung aja, paling ke rumah mbah dan sodara lainnya.

Fotonya_1

 

(QN) Batal

Dan saya tidak bisa puasa di 10 hari terakhir Ramadhan #onlywomen

Acara “Hafidz Indonesia” RCTI

Ada yang suka nonton acara “Hafidz Indonesia” di RCTI ??

Acara yang dipandu Irfan Hakim ini, bagus banget dan layak deh diadakan tahun depan. Selain itu masih jarang juga kan yang dimunculkan di tv.

Tujuan dari acara ini adalah mencari anak-anak berbakat usia 3-7 tahun yang mampu menghafal sebagian atau seluruh bagian Al-Qur’an. Terdapat 28 anak yang dibagi ke dalam 4 tim yang akan gugur setiap harinya dan setiap hari Jumat dicara 1 pemenang untuk mengikuti ke babak final atau terkenal dengan istilah “wisuda akbar”.

Kebayang kan, anak umur 3 sampai 7 tahun udah pada hafal dan lebih dari itu, mereka melafalkannya dengan tajwid yang benar. SUBHANALLAH.

Bagiku sih, kemampuan mereka luar biasa hebat. Mungkin bagi sebagian orang, penghapal Al-Qur’an sudah biasa apalagi anak-anak. Tapi buat saya mereka itu keren. Masih kanak-kanak, masih polos, lugu, dan jalannya mereka masih panjang. Insyaallah kalo dasar agamanya kuat, ke depannya bisa jadi pemuda/pemudi generasi pecinta Qur’an. Sikap dan perilaku juga akan seimbang, seperti apa yang ada di Al-Qur’an. Andaikan semua anak Indonesia seperti itu ya ……..

Anak-anak di Hafidz Indonesia ini bikin aku tertunduk malu deh. Perasaan dari dulu aku baca Al-Qur’an nggak pernah hapal=hapal deh. Tiap shalat, yang dibaca malah surat pendek yang itu-itu aja. Nggak pernah ada perubahan setoran hapalan surat setiap harinya. Mereka ini bikin aku merasa kecil, merasa nggak ada apa-apanya. Mereka hebat !!

Bayangkan, ada salah satu peserta bernama Adi yang usianya baru 3 tahun dan sudah hafal seluruh juz 30. Jadi mikir, gimana dulu Emak Bapaknya ngajarin nih bocah yak !? Kalo kata Ibunya sih, dari kecil, Adi sudah dibiasakan mendengarkan bacaan Al-Qur’an. Ada juga Hilya, pemenang minggu lalu yang usianya baru 5 tahun. Sejak dalam kandungan, sang Mama selalu melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an bahkan saat Hilya usia 6 bulan, Mamanya mengajarkan huruf hijaiyah. SUBHANALLAH.

Tapi ada satu peserta yang bikin aku hampir nangis. Namanya Irfan, kalo nggak salah usianya 5 tahun. Sampai sekarang, Irfan nggak pernah tau siapa orangtuanya. Ya, sejak bayi, Irfan ditinggalkan begitu saja oleh kedua orangtuanya. Beberapa ustadz yang menjadi juri pun sempat terharu saat mendengar kisah Irfan. Bahkan salah satu ustadz berkata, “Irfan kamu nggak usah kuatir sekalipun kamu nggak punya orangtua, karena ada Allah yang menjadi keluargamu”. Langsung deh air mata mau tumpah. Sayangnya, Irfan nggak lolos ke putaran final. Tetap semangat dan menghapal ya Irfan *hug.

Acara ini sekarang masuk putaran ke-3 dan minggu depan sudah final. Oia, jangan lupa nonton “Hafidz Indonesia” di RCTI setiap Senin-Jumat jam 14.30 WIB ya (promosi). Insyaallah dengan mendengarkannya saja kita mendapat rahmat. Aamiin.

Berkah Ramadhan

Alhamdulillah Ramadhan sudah masuk hari ke-4 …..

Insyaallah lancar jaya makmur selalu sampai hari kemenangan tiba #senyumsendiri

Eniwei, minggu kemaren ada sepupu dari Temanggung main ke rumah. Doski bersama rombongan sengaja transit via Bandung untuk meneruskan perjalanan ke Bengkulu. Yup, memang tiap tahun selalu begitu. Bawa mobil sendiri plus nyetir sendiri pula #ckckckck.

Nah, entah ada angin apa dan mungkin juga efek bulan Ramadhan (keinginan bersedekah dan memberi), sepupuku dengan amat sangat tiba-tiba menyerahkan BB untuk mbaknya ini. Subhanallah berkaca-kaca banget deh akyu. Bayangkan, sebuah BB walaupun bukan yang gress tapi luar biasa maknanya buatku.

Memang sih dari dulu, keluarga sepupuku ini BB mania dan selalu ngomporin kelebihan si BBM. Aku yang memang nggak begitu suka BB ya biasa ajah, tidak tergoda. Lha tapi ini dikasih, siapa yang nggak nolak ya #maruk. Selain itu, sepupuku memang udah lama punya counter dan servis HP di kotanya.

Alhamdulillah berkah Ramadhan banget kan……

Sekarang saya resmi menjadi pemula BB and welkom to the klab.

Mulailah minta pin orang-orang dan bersay hello di dunia perBBMan. Ada yang nyeletuk juga “dek, orang mah udah bosen pake BB eh si adek malah baru punya BB”. Hahahahhha biarkan sajalah sodara-sodara, yang penting ada fungsinya kan buat jualan flanel. Kita ambil saja fungsi positifnya.

Untuk dari itu, bila ada yang bersedia saya invite, tolong kirimin pin nya via email irwantyria@yahoo.com

Ditunggu yah #kedipkedipmata

Dan untuk sepupuku tersayang, makasih tiada terkira. Jazakumullah khoiron katsiron, wa jazakumullah ahsanal jaza.

#HUG#

Ridwan Nur Arifin

Karena hidup bagaikan sebuah lintasan cerita, memilih satu jalan untuk dilalui

Kunang - Kunang Bersayap Kertas

Menulislah, ciptakan duniamu sendiri, dan hiduplah di dalamnya

Ruang Belajar Abi

belajar 'membaca', belajar 'menulis'

Ruli Lesmana

wordpress.com

a.t.v.i.a.n.a

things I want them to be preserved...

kepelengok blog

tentang sastra

fairyland

This is imagination, for all just fiction

Mutiara Fajar

Just Share | Ikatlah ilmu dengan menuliskannya

Winny Alna Marlina

My Blog About TOURING, TRAVELLING AND BACKPACKER IN INDONESIA

What an Amazing World!

seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Winny's Personal Life

One Kind Word can change someone's entire day!!

Qorry Felt n Craft

Souvenir Pernikahan Unik dan Aneka Kerajinan Kain Flanel dan Bahan Lainnya dengan Desain unik menarik cocok untuk hadiah / kado

Maharani Craft

Pelatihan Kewirausahaan dan Workshop Keterampilan Membuat Kreasi dari Kain Flanel

oshin craft

salam kreatif

Inspirasi Faiz

Catatan Hati yang Tak Kunjung Sampai

beautifulroses

LIFE IS SO BEAUTIFUL

Visit Dieng

Kenali Dan Cintai wisata Dieng Plateau Jawa Tengah Indonesia

El Hidey

Pendaki Kedamaian

Jejak Hidup Dian

Ilmu, Iman dan 'Amal

RANA WIJAYA STORE

Anything ART from RanaWijayaSoe

Yuki Hikaru

just another wordpress site

Catatan Novi

catatan hatiku di maya

Maskur's Blog

Use Your Imaginations

Gate Delhi

Enjoy and Happy

syauqiya

Rindu ini, Rindu itu dan Rindu dia... Madinah

Mia membaca

So little time, so many books

Bri-t Corp.

TISYA PUNYA

Apapun yang terjadi, Nikmatilah~~

Our Cosmic

It Takes Two to Tango

Hitam Putihku

Thought crosses my mind

Ruang Cahaya (^.^)/

Pengalaman beserta Ilmu lah yang membuat kita lebih baik tiap harinya :)

Just in Write

Just be yourself

Eka's Voyage

Nothing we learn in this world is ever wasted

Rizki Ikhwan Blog

Jalesveva Jayamahe

rindutanahbasah

Like a fool who will never see the truth, I will keep thinking something's gonna change

Niken Kusuma Wardani's Blog

Karena Hidup Penuh Makna

Dhessy Woulandari

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

sucinurmalaramadhan

Cukup Menjadi Diri Sendiri

Prida Afriani

The Little Stories of Me

Mirna's Blog

My Life, My Story

pensamiento amplio

berfikir luas

Mas IngGi NgeBlog lhoo

a journey of leadership with love n love

leniaini

goresan kata konstelasi impian

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 281 pengikut lainnya.