Aneurisma Otak

Beberapa hari lalu dapet SMS dari salah satu saudara, bahwa suaminya akan operasi karena terkena penyakit Aneurisma Otak. Agak bingung juga penyakit apaan itu. Waduh agak gawat juga kalo sudah berhubungan sama otak, tampaknya berat banget. Penasaranlah aku dan googling apa sih Aneurisma Otak itu (oia, keterangan ini diambil dari beberapa sumber ya).

* * * * *

Apa sih Aneurisma Otak itu :

Aneurisma Otak (Aneurisma Cerebral) adalah kelainan dimana terjadi kelemahan pada dinding pembuluh darah otak, baik pembuluh darah nadi maupun pembuluh darah balik, yang menyebabkan tonjolan dan lama kelamaan menjadi penggelembungan di otak. Tonjolan ini lebih tipis dibandingkan dengan dinding pembuluh darah normal, sehingga dapat pecah suatu saat.

Aneurisma sebenarnya dapat terjadi di pembuluh darah mana saja. Misalnya bila terjadi di pembuluh darah dada, beberapa gejalanya adalah rasa sakit di dada, batuk yang menetap dan kesulitan menelan.

Lokasi Aneurisma Otak :

Biasanya terjadi pada pembuluh darah nadi (arteri) di dasar otak, yaitu di bagian depan Sirkulus Wilisi yang fungsinya memberi suplai darah ke area depan dan tengah otak.

27483W

Klasifikasi Aneurisma Otak :

Berdasarkan bentuknya, aneurisma dibedakan menjadi 2 bentuk, yaitu :

1. Aneurisma Tipe Fusiformis. Bentuk aneurismanya menyerupai badan botol, disebabkan oleh penumpukan lemak oleh pembuluh darah.

2. Aneurisma Tipe Sakuler. Berbentuk seperti kantong dan menyerupai tangkai/leher. Hampir 90 %, penderita mengalami aneurisma tipe sakuler. Terdapat beberapa ukuran, yaitu ukuran kecil (diameter < 15 mm), ukuran sedang (diameter antara 15-25 mm), ukuran besar (diameter >25-50 mm), ukuran raksasa (diamater >50 mm).

Siapa Saja yang Bisa Terkena Aneurisma Otak :

Umumnya diderita orang dewasa berusia lebih dari 20 tahun dengan persentase 6 % di seluruh dunia dan angka kematian lebih dari 50 %. Wanita dewasa lebih banyak mengalami aneurisma otak dibandingkan pria dewasa (3 : 2). Juga dapat terjadi pada anak-anak, biasanya dikarenakan trauma atau jamur.

Gejala Aneurisma Otak :

Aneurisma otak jarang menimbulkan gejala dan dapat dibilang serangan mendadak. Tetapi bila aneurisma terjadi, pertanda awal bisa dalam beberapa menit sampai beberapa minggu sebelum aneurisma pecah, yaitu sakit kepala berdenyut mendadak, mual dan muntah, gangguan penglihatan (pandangan kabur/ganda, kelopak mata tdk bisa membuka), kaku leher, nyeri daerah wajah, kelumpuhan sebelah anggota badan, denyut jantung dan laju nafas naik turun, hilang kesadaran (kejang, koma).

Cara Diagnosa Aneurisma Otak :

Dengan Tekhnik Angiografi, yaitu pemeriksaan pembuluh darah menggunakan kateter/selang yang dimasukkan ke pembuluh darah dan diberi zat warna (kontras). Dapat juga dilakukan CT Scan atau MRI, tetapi yang terbaik adalah dengan Angiografi.

clip_image0123

Penyebab Aneurisma Otak :

Penyebab utamanya belum ditemukan sampai saat ini, tetapi ada beberapa indikasi. Yaitu adanya faktor bawaan lemahnya dinding pembuluh darah maupun di seluruh tubuh (paling fatal adalah di otak), ada infeksi karena jamur atau bakteri di pembuluh darah, terjadi peradangan di aorta, penyakit jaringan ikat ketrurunan (sindroma marfan), dan resiko semakin besar pada penderita tekanan darah tinggi, stress, serta perokok.

Penanganan Aneurisma Otak :

Dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu Clipping Aneurysm dan Coiling. Clipping Aneurysm yaitu pembedahan untuk memasang clip pada leher aneurisma. Sementara Coiling adalah teknik radiologi intervensi dengan memasukkan coil (logam kecil) untuk menyumbat aneurisma. Tindakan-tindakan diatas, dilakukan berdasarkan ukuran, bentuk, dan lokasi aneurisma.

* * * * *

Sedikit banyak mulai ada gambaran tentang Aneurisma Otak deh. Jadi kalau ditanya, nggak oon-oon banget. Nah kabar terakhir, kemarin (senin,8/04) Mamah sempat nengok kesana dan masih di ICU setelah haris Sabtunya operasi. Kondisi beliau diberi obat tidur dan tangan serta kaki diikat. Hal itu dimaksudkan agar, pasien tidak terlalu sering bergerak dan benar-benar harus bedrest. Kamar perawatannya pun dibuat terpisah dari pasien ICU lain, supaya tenang dan tidak mendengar hal yang dapat membuatnya kaget. Mohon doanya ya kawan, untuk kesembuhan saudaraku.

**Sumber Tulisan :

http://bumbata.co/17973/penyebab-gejala-dan-pengobatan-aneurisma-otak/

http://www.ekahospital.com/?p=2130&lang=id

http://www.news-medical.net/health/What-is-a-Cerebral-Aneurysm-(Indonesian).aspx

http://yuxie.wordpress.com/2008/09/25/aneurisma-otak/

http://health.detik.com/read/2009/06/29/162544/1155909/770/aneurisma-otak

http://www.stp.kkp.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=381:kenali-aneurisma-si-pembawa-kematian&catid=73:kesehatan&Itemid=112

http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2010/06/29/aneurisma-otak-bom-waktu-di-kepala-180306.html

**Sumber Foto : Foto Pertama  dan Foto Kedua 

—-tulisan riweuh karena sempat terhadang mati lampu—-

Tentang Ry

Female|Moslem|Anthropology|Fulltime Crafter|Bandung
Tulisan ini dipublikasikan di Info, Keluargaku dan tag , . Tandai permalink.

17 Balasan ke Aneurisma Otak

  1. ninasuhari berkata:

    Aaammiinn… ngeri bacanya.. semoga cepet sembuh sodaranya yah ri :(

  2. tinsyam berkata:

    segera sembuh sodaranya ya..

  3. bambangpriantono berkata:

    Lekas sembuh ya..aduh ngeri kalau sampe kena kayak gitu.

  4. pursuingmydreams berkata:

    Semoga suami sodara RY lekas pulih.
    Jaman sekarang makin serem aja jenis2 penyakit :(.

    • RY berkata:

      Makasih Mbak, ini katanya masih di ICU.
      Iya bener, padahal kayaknya sepele cuman sakit kepala atau sakit perut doank tapi ternyata malah bervariasi. Pake obat warung aja nggak mempan dan harus ke dokter :(

      *smoga kita sehat selalu ya mbak

  5. embunpagi2023 berkata:

    semoga lekas sehat kembali seperti sebelumnya ya neng
    dan semoga kita semua terhindar dari penyakit ini

  6. nyonyasepatu berkata:

    semoga cepet sembuh ya sodaranya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s